Berapa konsumsi bensin kendaraan anda?

Berkendara di musim mudik lebaran di Jakarta sangatlah menyenangkan, walaupun pada hari H (lebaran, entah kenapa disebut H) Jalanan di Jakarta ada macet juga, apalagi yang dekat dengan kuburan. Menyenangkan di sini artinya hampir tidak ada kemacetan di Jakarta. Sejak tanggal 1 November, dimana sebagian besar kantor masuknya hanya sampai jam 12:00 (walaupun gw jam 15:00), jalanan di Jakarta sangat lancar. Terutama SEPEDA MOTOR sangat berkurang (HORE!!!) dan tidak harus berdesak-desakan dengan mereka.

Selain jalanan yang sangat kosong dan tidak ada kemacetan, ternyata bisa menghemat penggunaan konsumsi bensin premium kendaraan gw, biasanya 1 Lt bisa menempuh 8 Km, bahkan pernah 4 Km(mungkin karena Jakarta yang macet dimana2), tapi selama musim lebaran ini bisa meningkat hingga 9 km, bahkan terakhir lebih dari 10 km:).

Cara penghitungannya sederhana saja siapkan buku kecil di mobil anda atau truk anda (emang ada yang punya truk? ), lalu jadikan buku kecil itu menjadi logbook kendaraan anda. Catat setiap pengeluaran kendaraan anda di mobil anda, setiap kali isi bensin, setiap kali servis, perbaikan bahkan kalo emang perlu setiap tambah angin pun dicatat 🙂

Yang gw lakukan adalah setiap kali isi bensin, catat di kilometer berapa anda mengisi dan berapa Liter, kalo anda ngisi penuh maka bisa dengan gampang untuk di ketahui berapa konsumsi bensin anda. Tapi kalau tidak penuh, tinggal anda catat aja semuanya lalu pada akhir minggu atau bulan di hitung dengan cara mengurangi jumlah kilometer selama periode tersebut dan dibagi dengan pembelian bensin anda, maka anda bisa mendapatkan konsumsi bensin kendaraan anda secara akurat.

Jika anda sudah mendapatkan berapa konsumsi bensin kendaraan anda, anda juga bisa menghitung berapa Rupiah yang anda keluarkan selama 1 bulan untuk kendaraan anda per Kilometer. Hehehehe gw belum sampai taraf ini, tapi bisa aja dihitung karena semua catatan yang mengenai mobil gw ada di logbook ini.

Berapa konsumsi kendaraan anda?

3 thoughts on “Berapa konsumsi bensin kendaraan anda?

  1. om andri, saya masih belum mudeng mengenai perhitungan dengan bensin yang tidak diisi penuh….
    Bisa kasih saya contohnya…? metode saya selama ini ya di isi penuh, terus jalankan lalu isi penuh lagi. jumlah BBM yang tertera di pengisian terakhir dijadikan pembagi KM yang tertera

  2. wah, mobil-mobilan anak saya tidak pakai bensin kok. jadi tidak perlu logbook kan, apalagi acara hitung-hitungan 🙂
    *kabur*

Comments are closed.

web site hit counter