Supersemar, adakah yang ingat?

Saya tidak! kenapa? emang kenapa kalau tidak ingat?

Entah sepertinya tahun ini Supersemar aka Surat perintah 11 Maret yang di tandatangani oleh Presiden Soekarno pada tanggal 11 maret 1966 tidak ada gaungnnya seperti tahun 2 sebelumnya dimana sampai saat ini dokumen asli surat itu masih blom di ketemukan.

saya kopikan dari wikipedia isi dari Supersemar itu (yang sampai sekrang juga gak ada yang tahu apakah isinya benar seperti ini atau tidak)

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
SURAT PERINTAH

I. Mengingat:

1.1. Tingkatan Revolusi sekarang ini, serta keadaan politik baik nasional maupun Internasional
1.2. Perintah Harian Panglima Tertinggi Angkatan Bersendjata/Presiden/Panglima Besar Revolusi pada tanggal 8 Maret 1966
II. Menimbang:

2.1. Perlu adanja ketenangan dan kestabilan Pemerintahan dan djalannja Revolusi.
2.2. Perlu adanja djaminan keutuhan Pemimpin Besar Revolusi, ABRI dan Rakjat untuk memelihara kepemimpinan dan kewibawaan Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi serta segala adjaran-adjarannja
III. Memutuskan/Memerintahkan:

Kepada: LETNAN DJENDERAL SOEHARTO, MENTERI PANGLIMA ANGKATAN DARAT
Untuk: Atas nama Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi:
1. Mengambil segala tindakan jang dianggap perlu, untuk terdjaminnja keamanan dan ketenangan serta kestabilan djalannja Pemerintahan dan djalannja Revolusi, serta mendjamin keselamatan pribadi dan kewibawaan Pimpinan Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimin Besar revolusi/mandataris M.P.R.S. demi untuk keutuhan Bangsa dan Negara Republik Indonesia, dan melaksanakan dengan pasti segala adjaran Pemimpin Besar Revolusi.
2. Mengadakan koordinasi pelaksanaan perintah dengan Panglima-Panglima Angkatan-Angkatan lain dengan sebaik-baiknja.
3. Supaya melaporkan segala sesuatu jang bersangkuta-paut dalam tugas dan tanggung-djawabnja seperti tersebut diatas.
IV. Selesai.
Djakarta, 11 Maret 1966
PRESIDEN/PANGLIMA TERTINGGI/PEMIMPIN BESAR REVOLUSI/MANDATARIS M.P.R.S.
SOEKARNO

Haruskah dicari dokumen aslinya?

Cape mikirin masa lalu yang gak jelas dan tertutup, lebih baik pikirkan masa sekarang dan masa depan kita, karena tantangan sudah terpampang di depan mata 🙂

2 thoughts on “Supersemar, adakah yang ingat?

  1. wiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiizzzzzzzzzzzzzzzzz

    gila yaw!!!
    smpai sekarang tuh SUPERSEMAR tetepjadi misteri……..

    yaaaaah,

    innalillahi wa inna ilaihi rojiun,
    “SELAMAT JALAN PAK SOEHARTO”

    walopun beliau telah banyak berbuat kesalahan, tapi kebaikannya pun tak kalah banyak……….

    cobalah qta ambil sisi positif dari semua yang terjadi,
    beliau telah banyak membawa perubahan bagi bangsa n negara qta.

    coba ingat,
    pada masa pemerintahannya,
    apakah ada rakyat terlantar?
    apakah ada rakyat kelaparan?
    apakah ada rakyat yang tertindas?

    pada masa beliau,
    indonesia telah banyak belajar berjuang demi sebuah perubahan,,,,,,,,,,

    beliau yang tidak segan2 untuk ikut turun melihat rakyatnya,

    ingatlah jasa beliau

    yaaaaaaaaaah,
    walaopun banyak kesalahan yang beliau perbuat,
    pi ntu tidak lebih karena sebuah kekhilafan akibat kekuasaan……..

    marilah berdoa atas kepergiaannya………

    “SELAMAT JALAN PAK HARTO”

  2. Masalahnya bukan capek atau nggak mikirin yang udah lewat. Tapi ini adalah surat sakti yang mengubah sejarah. Kalo surat aseli-nya ketemu, orang-orang ga bakalan rame-rame nuduh Wa Ato mengadakan kudeta terhadap pemerintahan yang sah.
    Masalahnya surat aselinya ga ketemu.
    Kalo yang kayak ginian gampang dilupain. Maka kita akan lebih gampang lagi ngelupain ratusan ribu nyawa yang mati sia-sia pada 66-69. Pada Tragedi Sampang… Tragedi Tanjung Priok… Tragedi Aceh.. Tragedi Tim-tim… Tragedi Poso.. Tragedi… ahh… semakin banyak tragedi yang akan cepat terlupa.

    Kalau masa depan adalah tantangan. Saya mah setuju akan hal itu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

web site hit counter