AIDS di Indonesia

Simbol Pita Merah digunakan secara internasional untuk melambangkan perang terhadap AIDS.Seperti tahun2 sebelumnya tanggal 1 Desember di peringati sebagai hari AIDS sedunia.Untuk mengingatkan saja AIDS adalah sebuah sindrom yang menimpa sel darah putih. Sehingga sel darah putih tidak bisa menghasilkan anti bodi yang berguna untuk melindungi dan menyerang penyakit yang masuk kedalam tubuh kita.

Menurut Id.wikipedia.org, AIDS pertama kali di temukan di Afrika sub sahara pada abad ke 20.
Jika sudah terkena sindrom AIDS ini maka selanjutnya kemungkinan besar kita akan terjarin virus HIV, kapan akan terjaring virus HIV? tidak tentu bisa dalam waktu 1 bulan, 1 tahun, 2 tahun atau bahkan lebih.

AIDS ini disebabkan oleh virus HIV yang merupakan penyebab dasar AIDS, jika anda sudah terkena virus HIV belum berarti akan langsung terkena AIDS, karena masa virus itu berkembang sampai saat ini tidak tentu, ada yang 1 bulan, 1 tahun, dan ada juga yang sudah 3 tahun lebih belum terkena AIDS.

Penularan HIV

Pertama-tama yang menular itu adalah virus HIV bukan AIDSnya (eh iya kan?), tapi itu yang gw artikan selama ini.

Penularan HIV adalah melalui

  • Hubungan seks, ini terjadi jika orang yang menderita HIV berhubungan seks dengan orang lain.
  • Hubungan seks melalui oral atau anus.
  • Transfusi darah, darah yang belum di seterilisasi merupakan salah satu penyebab tertularnya virus HIV
  • Penggunaan jaruk suntik yang terkontaminasi virus HIV
  • Hubungan ibu dan anak, baik yang sedang hamil atau sedang menyusui

Pencegahan

  • Gunakan kondom latex, karena di anjurkan untuk mengurangi penularan virus HIV
  • Penyunatan, kalo gak pake kondom yah sama aja bukan 🙂
  • Gunakan jarum sekali suntik, jangan saling meminjam jarum suntik, modal dong.
  • Untuk para ibu yang terjangkin virus HIV dan sedang hamil atau menyusui, silahkan hubungi RS terdekat atau mungkin bisa merujuk ke RSCM (RS Cipto Mangunkusumo), karena RSCM merupakan rumah sakit rujukan di Indonesia

Jumlah penderita AIDS di Indonesia pada tahun 2005 mencapai 2638 kasus, sebagian besar karena penggunaan jarum suntik.

AIDS tidak menular dengan

6 thoughts on “AIDS di Indonesia

  1. Aku mau tanya. Saat ini aku tinggal satu kontrakan (beda pintu) dengan penderita HIV positif. Pertanyaanku, apakah virus HIV ini bisa menular melalui nyamuk seperti halnya virus demam berdarah? Sebab nyamuk kan nyedot darah si penderita HIV, kalau nyamuk itu kemudian menggigit kita bukankah virus itu bisa menular ke kita? Kalau tidak bisa menular melalui nyamuk, tolong jelaskan rasionalisasinya. Terima kasih.

Leave a Comment