Customer Service Dell

Hari Selasa kemarin tiba-tiba laptop tidak bisa masuk kedalam sistem operasi, hanya layar logo ubuntu saja dan berakhir pada terminal dengan tulisan initramfs

Telepon ke customer Dell, dipandu untuk melakukan diagnostic dari bios, diketahui bahwa harddisk mengalami masalah, lalu oleh cs diminta untuk mencopot harddisk dan dipasang lagi, eh gimana???

Iya saya sampai kaget kalau diminta untuk membuka laptop dan mencopot harddisk sendiri, memang selama ini belum pernah mengalami masalah dengan laptop sampai harus membuka laptop untuk cek kerusakan. Berhubung pernah melakukan penambahan RAM sendiri akhirnya saya membuka bagian bawah laptop dell saya. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah

  1. Copot batere laptop, ini menurut saya penting karena memastikan tidak ada listrik pada laptop
  2. Copot 2 baut yang ada dibagian bawah, bukan dekat batere ya.
  3. Angkat tutup baterenya maka akan terlihat bagian harddisk dan RAM dari laptop.
  4. Lalu copot harddisknya TAPI… jika tidak bisa maka sebaiknya jangan deh 🙂

Dell 3458

Semua itu saya lakukan sambil dipandu oleh mbak2 melalui telepon, akhirnya dijadwalkan untuk penggantian harddisk saya, wuihhhh asyik banget, eh tapi bagaimana dengan data-data saya? saya dianjurkan untuk mencari cara sendiri untuk melakukan penyelamatan data.

Akhirnya hari kamis datang teknisi yang membantu untuk penggantian harddisk, sekalian dipasangkan juga tentunya. Baru sekali ini saya mengalami pengalaman seperti ini, dan laptop saya bisa digunakan kembali. Tidak menyangka bahwa pelayanan customer service dari Dell sangat ok banget

 

ps:ini harusnya postingan untuk tanggal 15 juli dalam rangka #JuliNgeblog

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.