Inilah Kriteria Hosting Terbaik, nomor 5 harus diperhatikan

Beberapa minggu terakhir di group facebook wordpress Indonesia banyak yang bertanya mengenai pemilihan hosting terbaik untuk membuat website, terutama oleh para pemula dan tentu saja oleh yang sudah malang-melintang sebagai pengguna hosting.

Kenapa selalu berusaha untuk mendapatkan hosting terbaik? memang apa bedanya hosting-hosting yang ada ketika anda melakukan pencarian di google dan mendapatkan banyak daftar hosting terbaik?

Saya akan membagi pengalaman mengenai hosting karena walau web ini baru berumur 2 tahun karena sebelumnya saya ganti domain, tapi saya sudah mulai melakukan menulis di internet atau ngeblog sejak tahun 2004 ketika saya berniat untuk serius menulis alias ngeblog.

Kok berani-beraninya mau berbagi tentang hosting untuk membuat website? karena seperti yang saya tulis diatas pengalaman saya dalam membuat website dan merawat website sudah cukup lama dan tentunya saya sudah mencoba banyak hosting yang beredar di Indonesia.

Oh ya sebelum ada yang bertanya dan menyebut merk provider hosting yang tidak baik apa saja, saya tidak akan memberitahu para pembaca, karena tentunya saya tidak ingin menjelek-jelekkan provider hosting karena merupakan kejadian yang sudah lama terjadi dan tentunya (harapan saya) sudah terjadi perbaikan yang sangat tinggi sejak saya menggunakan jasa mereka.

hosting terbaik

Apa Kriteria Hosting Terbaik

Berikut adalah kriteria berdasarkan pengalaman saya selama ini.

1. Kapasitas media penyimpanan

Sudah pasti ini yang menjadi alasan utama saya dalam memilih sebuah hosting, media penyimpanan yang besar berarti saya bisa menyimpan banyak photo dan banyak artikel-artikel yang menjadi ladang tulisan saya, semakin besar kapasitasnya tentunya semakin baik dan bagus dong

2. Kapasitas bandwith

Apa itu kapasitas bandwith? bayangkan untuk menuju website diperlukan jalanan yang  panjang terbentang dari ujung tempat website tersebut dihosting sampai ujung laptop tempat teman-teman mengakses website tersebut, jika lebar jalan 1 m dan yang akses hanya 2 orang tidak akan terasa cepat lambatnya, tapi ketika ada 100 orang yang mengakses maka akan terasa sempit, mengerti kan? ngga juga. Ok pokoknya pilih yang unmetered bandwith, artinya tidak ada batasan bandwith. Jika target pengunjung website anda dari Indonesia biasanya tidak ada batasan bandwith, jadi aman

3. Email Account

Pengen punya alamat email dengan menggunakan domain website anda kan? jadi misalnya temankeren@andriansah.id, jika mempunyai rencana untuk menggunakan banyak email account dengan domain website anda maka sebaiknya mempertimbangkan juga berapa email account yang didapatkan, semakin besar kapasitas media penyimpannya maka semakin banyak email account yang bisa digunakan.

4. Sub Domain

Apa itu sub domain, jika saya mau membuat domain satu lagi tapi masih menggunakan domain utama saya seperti kawan.andriansah.id maka kawan itu adalah sub domain. Sama seperti email account semakin besar media penyimpanan mama semakin banyak sub domain yang bisa dibuat

5. Kecepatan jawaban dari Customer Service

Saya pernah mengalami masalah terkait website yang saya hosting tidak bisa diakses, masalah ini saya ketahui dari klien saya yang menelepon saya dan bertanya kenapa websitenya tidak bisa diakses. Saya langsung panik setelah mencoba dan tidak bisa maka yang saya lakukan adalah membuka tiket  tentang permasalahan saya di hosting tersebut. Sebagai pelanggan saya ingin masalah saya ini segera diketahui penyebabnya, apakah dari pengguna atau memang dari hostingnya, semakin cepat saya tahu maka saya bisa segera memberi jawaban/informasi ke klien saya. Jika saya mendapatkan informasi 24 jam setelah saya melaporkan maka sudah telat karena saya sudah dimarah-marahin oleh klien saya. Jadi semakin cepat customer service menjawab maka semakin baik.

6. Harga

Ini yang pasti dicari-cari oleh para pencari hosting, secara singkat semakin besar media penyimpanan dan semakin murah biaya hostingnya maka inilah yang dipilih, tidak semudah itu fergusu, perlu pengalaman dan komplain-komplain ke banyak customer service agar bisa menemukan layanan hosting yang menarik .

7. Domain

Sejak awal ngeblog saya selalu membeli domain dan hosting secara terpisah, jadi domain saya beli di provider A dan hosting saya beli di provider B, kenapa? karena saya pernah baca (saya tidak mengalaminya) ketika ada yang  membeli domain dan hosting dalam 1 provider, karena tidak puas dengan layanan hostingnya maka tidak bisa dipindahkan hosting domainnya ke tempat lain.

Kesimpulan

Jadi apa hosting yang terbaik pilihan saya? sejak 2004 saya sudah mencoba lebih dari 5 provider hosting di Indonesia dan yang selalu saya gunakan adalah 2 provider, apa itu?

QWORDS.COM

Pertama kali saya mencobanya waktu mendapatkan kupon promo di pestablogger 2007 oleh pemiliknya langsung yang baru merintis usahanya ini, kalau tidak salah dia merintis usaha ini sewaktu kuliah S2nya. Oh ya kenapa ini karena respons dari tim CSnya yang sangat cepat.

Exabytes.co.id

Secara tidak sengaja saya menggunakan layanan VPS dari provider ini yang selalu memberikan promo menarik yang tidak bisa saya tolak 🙂 Lalu bagaimana respons CSnya? sampai saat ini saya masih mentolerir responsnya hanya dari sisi pelaporan pembukaan tiket yang menurut saya masih bisa disempurnakan.

 

Nah sudah mendapatkan pencerahan tentang hosting terbaik?

ps: ternyata saya sudah cukup banyak menulis tentang hosting di blog ini, silakan membaca tulisan lain saya tentan hosting

 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

web site hit counter