Investasi Sekarang! Untuk Masa Depan

Well, gw sekarang udah mulai kepikiran untuk investasi guna memenuhi kebutuhan sekolah anak gw nanti, kenapa? Kalau gw baca2 di berbagai media dan internet, pendidikan anak itu setiap tahun akan naik sekitar 15

15 thoughts on “Investasi Sekarang! Untuk Masa Depan

  1. Jangan reksa dana deh. Walaupun sempet booming di Indo, tapi potensinya ya gitu2 aj. Kenapa? katanya, reksa dana keuntungannya adalah dalam menyebar resiko. Yang namanya menyebar resiko itu artinya ada 2: 1. disebar supaya kalau 5 sahamnya turun, ada 5 saham lagi yang naik – sambil berdoa agar naiknya lebih banyak daripada turunnya. 2. dengan menyebar resiko, mengesankan reksa dana adalah investasi yang aman.

    Aman? kalau dari sisi gak mungkin rugi, ya nggak aman toh! Saya tahu rekan2 saya ada yang reksa dana nya turun.. Tapi saran brokernya? tunggu.. sabar.. jangan dilepas.. nanti juga naik lagi… Pertanyaan pertama yang Anda harus ajukan ke perusahaan reksa dana Anda: apakah broker Anda berinvestasi di saham dan punya reksa dana juga? kalau tidak, ya sami mawon.. Anda gak paham saham, saya juga, dia juga… Fakta: prinsip roda, saham yang turun akan naik lagi, saham yang naik akan turun lagi. 100% selalu terjadi. Jadi reksa dana Anda bisa merugi? ya tentu. Bisa untung? ya tentu. Ada resiko? pasti. Tabungan Anda beresiko? pasti, walaupun kecil. kalau bank pemegang tabungan Anda bangkrut? tabungan Anda lenyap.

    Saran saya, cari instrumen investasi yang Anda pahami. Kalau Anda tidak paham, jangan investasi di tempat itu! bahayaaa… Anda jadi mudah diakali. Investasi no. 1? belajar tentang investasi itu sendiri, baru jalan.

    Saya pribadi lebih baik investasi di instrumen yang tidak umum, seperti ORI yang sekarang 003 (return 9%+/th), atau investasi ritel minyak & gas (return 12%++/th). NB: saya bukan agen investasi, jadi ini pendapat pribadi ajah

    http://aseponde.blogspot.com

  2. coba cari buku Robert T. Kiyosaki mengenai investasi. Klo gak salah judulnya: Guide to Investing.

    Baca aja, Kiyosaki adalah org terkaya nomer 1 di Hawaai, layak dijadikan pembimbing ‘melek finansial’

  3. investasi ama asuransi sama gak, kan banyak tuh program yang menawarkan ikut asuransi sekaligus investasi.

    tadi pagi baru aja ngomongin soal ikutan asuransi sama temen, dia menyarakan untuk coba aja

  4. kalo investasinya tidak seberapa, hasilnya sama saja seperti tabungan biasa.

    justru yang lebih kerasa itu yang investasinya gak seberapa karena di reksadana gak ada ongkos administrasi yang fixed rate, semuanya dalam %. jadi kalo kecil investnya, ongkos administrasinya juga kecil.

  5. ngga ah, ngga 15-30%. taun2 kemaren memang 15-30% mungkin karena deregulasi pendidikan terutama pendidikan tinggi. taun2 depan harusnya bakal ngikutin inflasi. malah harusnya kurang dari inflasi karena situasi politik menuntut subsidi pendidikan.

    mudah2an sih bener 🙂

Leave a Comment