Jalan jalan ke Korea Selatan: Persiapan Dokumen

Jalan-jalan ke Korea Selatan

Bulan November 2015 adalah bulannya jalan-jalan (halah) berawal dari adanya acara Garuda Fair yang diadakan pada bulan September 2015 dan keinginan jalan-jalan yang jauh dan naik pesawat terbang akhinya kami memutuskan untuk membeli tiket pada acara Garuda Fair tersebut, kemana? ya iyalah ke Korea Selatan Kenapa? Karena jika mau ke Benua Amerika atau Eropa gak cukup uangnya (halah) Untuk ke negara Asia Tenggara sepertinya yang menarik sudah dikunjungi yaitu Thailand, Malaysia dan Singapore, lalu pengen ke Australia sudah pernah juga jadinya ke Korea Selatan ajah.

Setelah membeli tiket pada acara Garuda Fair tersebut yang harus segera diurus adalah Visa perjalanan, persyaratan untuk visa kunjungan wisata ke Korea Selatan bisa dilihat di http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp Karena saya akan pergi bersama keluarga maka saya mendaftar untuk mendapatkan visa Kunjungan Keluarga (C-3-1) http://idn.mofa.go.kr/webmodule/htsboard/template/read/legengreadboard.jsp?typeID=16&boardid=13747&seqno=678981&c=TITLE&t=&pagenum=2&tableName=TYPE_ENGLEGATIO&pc=&dc=&wc=&lu=&vu=&iu=&du=

CU1TH6hUYAAt4ZD

Formulir dan persyaratan bisa didownload dan dilihat pada link diatas, sedangkan syarat yang saya gunakan waktu mengajukan permohonan visa adalah
– Paspor Asli dan fotokopi paspor masing-masing orang
– Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto) masing-masing orang
– KTP dan Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
– Surat Keterangan pelajar anak saya
– Surat Keterangan dari Kantor tempat kerja
– Slip gaji 3 bulan terakhir, jika tidak slip gaji tinggal mintakan ke kantor untuk dibuatkan 3 bulan terakhir
– Rekening Koran Tabungan 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank dari bank yang bersangkutan (Karena saya menggunakan BCA, maka harus diminta dari bank pembuka rekening. Saya minta agar disebutkan siapa saja dan no paspor pada masing-masing nama yang ikut pada surat referensi bank tersebut, jangan lupa sebutkan juga hubungannnya) Saya sebagai kepala keluarga maka saya menyebutkan siapa saja yang menjadi tanggung jawab saya.

Oh ya, waktu membeli tiket anak kedua saya belum punya paspor dan pada tiket harus disebutkan nama yang sama dengan paspornya. Jadi sebutkan namanya dan pastikan nama yang akan dibuat pada paspor sama jangan sampai beda.
Setelah persyaratan dilengkapi saatnya mengurus visa, lokasinya adalah dibelakang gedung surveyor indonesia, bukan disampingnya walau itu memang kedutaan korea selatan. Jadi jika naik kendaraan parkir kendaraan di rs medistra, lalu keluar lewat pintu belakang, jalan kaki gak sampai 200 meter.
Lalu setelah masuk jangan lupa ambil nomor antrian, setelah dipanggil serahkan semua dokumen fotokopinya (jangan lupa bawa dokumen aslinya, siapkan jika diminta). Jangan lupa lebihkan 1 set dokumen-dokumen tersebut, waktu itu salah 1 poto dalam dokumen tersebut copot, untung saya masih punya lebih, jadi tinggal lem dan serahkan ke petugasnnya.
Terakhir Bayar per orang adalah 560 ribu, anak kecil, dewasa, tua atau muda tetap 560 ribu per orang, setelah pembayaran maka akan diberikan tanda terima sebagai bukti pengambilan, prosesnya adalah 4 hari kerja. Waktu saya mengurus visa ini, saya masukkan hari senin, seharusnya hari jumat sudah selesai, tapi karena hari jumatnya hari libur nasional akhirnya dokumen baru bisa diambil pada hari senin minggu depannya.

Pada hari pengambilan sebaiknya telepon dulu untuk memastikan bahwa visa sudah jadi atau belum, jika sudah maka langsung saja ke kedutaan korea selatan dan ambil dokumen tersebut. Gampang kan? Yang ribet adalah waktu untuk mempersiapkan dokumen tersebut, ke bank, imigrasi (untuk urus paspor) dan ke kedutaannnya. Kalau menggunakan jasa untuk urus visa, biayanya sekitar 750 sampai 1 juta per orang.

Segini dulu, nanti lanjut tentang jalan-jalannya

 

ps: ternyata masih ada tulisannya, karena sebelumnya hilang. Hore

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

web site hit counter