Kiamat sudah dekat? Printer terdaftar?

Kiamat sudah dekat?

Injek2 aturan ini

Jakarta, Meski sudah ada peraturan registrasi printer demi menurunkan angka uang palsu di Indonesia, ternyata printer yang terdaftar masih kurang dari 1 persen.

Hal itu dikemukakan Hari Kurniawan, Sekretaris II Asosiasi Distributor Resmi Mesin Fotokopi Berwarna dan Mesin Multifungsi Berwarna (Adminkom) dalam Seminar ‘Kontroversi Stikerisasi Printer Berwarna’ di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta, Rabu (18/4/2007).

Adminkom merupakan asosiasi yang ditunjuk Botasupal untuk menangani pengadaan dan peredaran stiker printer. Stiker tersebut harus ditempelkan pada printer setelah pemilik terlebih dahulu mendaftarkan data dirinya.

Menurut Hari, sosialisasi dari stiker di kalangan pengguna masih kurang. Dari sekitar 8 juta printer warna yang beredar di Indonesia, tercatat baru 15.000 printer (0,2 persen) yang dilengkapi oleh stiker tersebut.

Hal itu berarti jumlah printer yang teregistrasi masih kurang dari 1 persen. “Padahal setiap tahun, menurut data IDC, ada satu juta printer terjual di Indonesia. Pertumbuhannya pun 20 persen per tahun,” Hari menambahkan.

Cara registrasi printer bagi pengguna, lanjut Hari, sebenarnya mudah. Ia mengatakan pengguna cukup mendaftarkan identitas diri ke toko yang bersangkutan dan menempelkan stiker ke printer.

Di sisi lain, Hari mengakui, masih banyak juga toko-toko yang belum mengerti aturan tersebut. Padahal aturan itu sudah ditetapkan sejak sejak 18 April 2006, artinya sudah genap berumur satu tahun.

Keengganan pengguna mendaftarkan printernya karena khawatir data pribadi akan bocor juga ditampik Hari. “Kami yakin keamanan identitas dijamin tidak akan bocor. Kami yakin database pelanggan merupakan ‘senjata utama’ bagi perusahaan, jadi pasti akan dijaga,” tukas Hari.

Namun Hari mengatakan pihaknya tidak bisa memaksakan pengguna untuk melakukan registrasi. “Permasalahannya, kita ingin merujuk pada aturan yang membawahi konsumen. Kita tidak mau memaksakan, kalau ada yang tidak mau ya sudah,” ia menandaskan. (wsh/wsh)

Kiamat Sudah Dekat?

2 thoughts on “Kiamat sudah dekat? Printer terdaftar?

Leave a Comment