Kiat meningkatkan hubungan suami istri

Kiat untuk meningkatkan hubungan rumah tangga yang baik menurut Islam

1. Pasangan suami istri harus meningkatkan ketakwaannnya kepada Allah SWT, jelas kan?
2. Pasangan suami istri harus mengokohkan cinta mereka.
3. Pasangan suami istri harus menjalin kerjasama yang baik (seperti dalam surat Al Maidah ayat 3), kerja sama itu antara lain
a. Kerjasama dalam mengatur ekonomi keluarga
b. Kerjasama dalam mengatur urusan fisik rumah, seperti kebersihannya, keindahannya.
c. Kerjasama dalam mendidik anak. Suami istri harus kompak dalam mendidik anak, jika melarang sang anak untuk tidak merokok, tapi ayahnya merokok maka sang anak akan tidak respek kepada orantuanya, karena contoh yang dia dapat tidak konsisten.
d. Kerjasama dalam menghadapi persoalan, Suami istri harus bisa memecahkan persoalan mereka. Jika masalah yang dihadapi sudah sangat pelik, bisa dimintakan pendapat orang ketiga yang dipercaya. Jangan disebar2kan masalah itu sampai orang lain tahu.

4. Pasangan suami istri harus saling menutup aib. Menutup aib adalah sesuatu yang sangat penting. Suami istri layaknya pakaian pada masing2. Istri merupakan pakaian dari suami dan suami merupakan pakaian dari istri. Sesuai fungsi pakaian adalah menutup yang jelek, sama artinya seperti menutup kejelekan masing-masing.
Pada Jaman Rasullullah, salah satu istri beliau, habsa (kalo gak salah inget) menceritakan hal yang merupakan masalah beliau dan istri kepada istri beliau yang lain, Aisyah. Mengetahui itu Rasullullah sangat marah dan mendiamkan sang istri hingga 1 bulan. Akhirnya turun sabda Allah SWT, bahwa habsa harus bertobat kepada Allah SWT.

Hasil dari ceramah bada zuhur tanggal 17 oktober 2005 di mesjid bi

Leave a Comment