Jalan-jalan ke Korea Selatan: Tiket

Sebelum melakukan perjalanan tentunya yang harus dilakukan adalah mencari tiket, perjalanan ke Korea Selatan, kami menggunakan maskapai penerbangan nasional yaitu Garuda Indonesia, kenapa? Karena sedang ada promo waktu kami membelinya. Berapa harganya?

Begini, silahkan cari melalui situs Garuda Indonesia, dengan pencarian singkat maka didapatkan untuk tiket keberangkatan saja Jakarta – Seoul harga tiketnya sekitar 3 sampai 3, 9 juta rupiah, sedangkan untuk pulangnya adalah 5, 7 sampai 10 juta rupiah, lumayan mahal kan?

Garuda Indonesia

Kami mendapatkan harga tiket jauh dibawah harga diatas untuk pergi pulang karena waktu kami membelinya adalah pada saat pameran travel and tour. Jadi untuk mendapatkan tiket murah adalah pada saat adanya pameran-pameran travel and tour.

Kapan biasanya ada pameran travel and tour? berdasarkan pengalaman saya pemeran ini dilaksanakan pada bulan februari dan september setiap tahunnya, disini bisa didapatkan promo-promo dan harga-harga yang sangat murah dari maskapai penerbangan dan juga hotel-hotel di tempat tujuan wisata, menarik  bukan?

Lalu bagaimana memilih maskapainya? buat saya caranya adalah melihat beberapa kriteria

  1. Harga tiket, hehehehe ini sudah merupakan hal yang pasti untuk melihat harga tiketnya. Karena tiket merupakan salah satu faktor penting dalam memilih maskapai penerbangan.
  2. Jalur penerbangan, biasanya penerbangan dengan tiket yang murah, diluar harga promosi mempunyati jalur penerbangan yang lebih panjang dan lebih lama.  Contohnya: dengan air asia total biaya yang dikeluarkan untuk tiket sekitar 8 juta, lebih murah dari Garuda Indonesia kan? tapi coba lihat rutenya, air asia terbangnya adalah jakarta – kuala lumpur – seoul, berangkat jam 6.20 tiba pukul 8.20 keesokan harinya, 24 jam waktu yang dibutuhkan, dengan selisih harga tiket sampai 2 juta saja
  3. Waktu terbang, maskapai dengan tiket murah waktu terbangnya biasanya sangat tidak nyaman, jika tidak pagi sekali maka malam sekali, itu salah satu kelebihan (atau kekurangan) dari tiket murah.
  4. Dengan siapa kita berangkat, nah ini juga penting untuk dipertimbangkan, jika pergi sendiri selesai sudah gak usah mikir, langsung berangkat saja. Ketika kita berangkat dengan orang lain maka harus dipikirkan juga kapan enaknya kita berangkat, demi kenyamanan kita juga tentunya. Jika membawa anak, menurut saya penerbangan malam akan lebih baik, karena anak akan tidur, apalagi jika penerbangan ke korea selatan yang menempuh waktu sekitar 7 jam jika langsung, jika harus transit maka dipikirkan juga waktu makan lainnya.

ketika nomor 2, 3, 4 kita ingin mendapatkan yang lebih baik dan nyaman untuk kita terbang, maka nomor 1 akan menyesuaikan harganya, biasaya sih jadi lebih mahal 🙂

Tapi tidak usah khawatir, banyak cara untuk tetap mendapatkan harga yang murah dan terjangkau, antara lain

  1. pesan tiket jauuuhh sebelum keberangkatan, jangan 1 bulan, jika memungkinkan 1 tahun sebelum keberangkatan karena pasti akan mendapatkan harga murah
  2. ada banyak maskapai yang terbang ke korea selatan dari Indonesia antara lain Garuda Indonesia, cathay pacific, air asia, Korean air. Silahkan cek di website-website penyedia tiket terdekat anda

Bingung? jangan bingung dong disinilah seni dalam membeli tiket pesawat.

Ayo pesan tiket penerbangan kamu sekarang, lalu baru siapkan untuk mengurus dokumen-dokumen yang akan dibutuhkan untuk penerbangan, seperti VISA. Biasanya untuk mengurus visa dibutuhkan tiket yang akan memperkuat dan mempercepat proses pengeluaran VISA.

UPDATE: Tiket yang saya dapat waktu promo adalah 5,5 juta rupiah per orang untuk penerbangan pergi pulang langsung Jakarta, Indonesia ke Seoul, Korea Selatan tanpa transit dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia, total penerbangan sekali jalan adalah 7 jam. Harap diingat itu adalah harga promo yang saya dapatkan waktu ada pameran travel di JCC tahun 2015

Dari Jakarta kami berangkat jam 12 malam dan sampai di Korea jam 11 siang, ada perbedaan waktu 4 jam lebh cepat di Korea selatan. Selama perjalanan kami isi dengan tidur, bangun, tidur, bangun, dan tidur lagi. Kami menikmati makanan di pesawat terbang karena sesuai degan lidah Indonesia kami hehehe.

Waktu pulang dari Seoul adalah jam 10 pagi waktu seoul dan tiba di Jakarta jam 3 sore, karena penerbangan siang maka rasanya lebih lama, ini sih perasaan gw saja 🙂 Penerbangan ini juga langsun dari seoul ke Jakarta non stop tanpa ada perhentian yang juga menempuh waktu selama 7 jam juga.

Inilah perbedaan tiket penerbangan murah dan ekonomi, karena di Indonesia belum ada maskapai penerbangan murah atau bahasa inggrisnya budget airline, maka maskapai yang ada biasanya akan transit di negara awalnya sebelum melanjutkan ke negara tujuan. Sedangkan penerbangan ekonomi mempunyai tujuan langsung tanpa berhenti ke korea selatan.

Pengalaman saya dalam membeli tiket pesawat terbang memperhatikan beberapa kriteria yang sudah saya sebutkan diatas. Kondisi kami waktu akan terbang adalah memperhatikan penumpang yang akan berangkat yang terdiri dari 2 dewasa, 1 anak-anak, 1 bayi usia 1 tahun dan 1 orang tua. Agar semua nyaman maka saya berusaha untuk memenuhi kebutuhan semuanya.

Jadi? sudah siap untuk beli tikiet?

ps: katanya waktu yang tepat beli tiket adalah hari rabu untuk penerbangan paling murah dari hari senin sampai jumat.

Leave a Comment