TE HA ER

Sudahkan anda mendapatkannya?

yayaya ini posting sepertinya agak2 basbang bagi yang sudah mendapatkannya, tapi bagi yang belum mungkin akan membuat ngiri.

Tapi buat apa seh sebenarnya TE HA ER yang anda dapatkan? Coba periksa pengeluaran anda dari TE HA ER ini apakah sudah benar seperti apa yang direncanakan sebelumnya? eh emang pernah? sebaiknya sih pernah.

Jadi begini pengalaman saya sih, TE HA ER yang didapatkan itu sebagian digunakan untuk kepentingan menyambut hari raya Idul Fitri, entah bagaimana merayakannya tapi sebaiknya sederhana saja.

Buat saya TE HA ER adalah salah satu bantuan bagi saya agar saya bisa membayar zakat fitrah dan mal, loh? hehehe karena saya merasa mampu tapi tidak ada kekuatan :((. Jadilah TE HA ER itu sebagai salah satu bantuan untuk memenuhi kewajiban saya sebagai orang yang beriman (beneran? yah bener dong).

Bagi teman-teman yang mudik ke kampong gajah halaman, TE HA ER merupakan pemberi bantuan untuk biaya transportasi yang pada musim mudik ini tiketnya bisa naik hingga lebih dari 2 kali dari harga normal.

Sebagai orang yang sering menulis tentang keuangan, mungkin saya bisa memberikan tips-tips yang masih dalam teori (karena saya baru memikirkannya) 🙂

  1. Ketika mendapatkan TE HA ER, jangan lupa bahwa kehidupan masih berlanjut, sebaiknya sisihkan TE HA ER itu sekitar 30% untuk biaya melangsungkan hidup hingga akhir bulan, atau hingga mendapatkan gajian lagi. Karena pengalaman TE HA ER itu habis gaji juga habis 🙁 jadinya ngutang dulu di kartu kredit :((
  2. Perhatikan pengeluaran TE HA ER tersebut, sebaiknya dibikin rencana pengeluaran dan aktul pengeluaran, jadi ada catatan apakah kita mengelola uang seperti yang kita rencanakan atau tidak.
  3. Setelah hari raya berakhir, mulai sisihkan dana setiap bulan sekitar 5% atau minimal 100 ribu, untuk ongkos merayakan hari raya di tahun depan (dgn catatan panjang umurnya 🙂 ).

Sementara segini dulu

3 thoughts on “TE HA ER”

  1. TE HA ER…? gw juga blom dapet, kata si pemberi nafkah dapetnya nytar desember karena gw kristen. Padahal gw musti kasih juga thr ama pembantu, satpam dan tukang cuci mobil. Pengeluaran bulan ini jadi over budget…… sedih juga…

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

web site hit counter