Apa itu Facebook Ads?

Tulisan ini adalah sharing saya di grub telegram Jago Jualan Jakarta yang digagas oleh Kang Dewa Eka Prayoga

Selamat pagi

Salam kenal lagi dengan Andriansah, saya mau sharing tentang fb Ads, terus terang saya baru secuil pengalaman saya, lebih banyak boncosnya di fb ads dari pada untungnya ๐Ÿ™‚

 

Apa itu Facebook Ads

Ads atau advertisement secara harafiah artinya adalah iklan atau cara memperkenalkan produk/orang/jasa/kegiatan/hoax/website/tingkah laku/ lain-lain ke orang-orang atau khalayak ramai agar khalayak ramai tertarik untuk datang/menyapa/membeli/mengunjungi/meyebarkan/nyinyirin/komentar/memberi tahu ke orang lain juga dengan berbagai cara. Caranya itu bisa dengan memberitahu langsung, menyebarkan lagi produk/orang/jasa/kegiatan/hoax/website/tingkah laku/lain-lain

Facebook Ads atau FB ads adalah cara untuk memperkenalkan produk/orang/jasa/kegiatan/ hoax/website/ tingkah laku/ agar tertarik untuk datang/menyapa/membeli/mengunjungi/ meyebarkan/nyinyirin/komentar/memberi tahu dengan menggunakan facebook alias FB

Ambil contoh kejadian real secara umum, waktu anda mengendarai motor di jalan yang ramai pernah mendapat selebaran yang isinya iklan motor yang dibagikan oleh mbak-mbak? Dari 100 selebaran yang dibagikan ke pengendara motor, berapa banyak yang menghubungi nomor telepon di selebaran tersebut, berapa banyak yang membeli motor tersebut?

Nah FB Ads sama seperti kegiatan mbak-mbak tersebut, membuat iklan (selebaran) yang menarik, lalu membagikan ke pengendara motor yang (audience).

Membuat iklan yang menarik adalah salah satu cara yang merupakan cara yang akan membuat orang melirik iklan (selebaran) tersebut, di iklan tersebut biasanya terdapat jika ada promosi maka akan membuat orang membaca iklan (selebaran) tersebut.

Lalu audience, adalah pengendara motor yang lewat dan mengambil iklan (selebaran) tersebut, penentuan audience yang tepat maka akan membuat semakin banyak orang yang mengambil iklan (selebaran) tersebut. Contoh diatas pengendara motor yang lewat merupakan audience yang sudah benar, motor itu lewatnya di jalan arteri yang kosong maka tidak akan ada yang mengambil, tapi jika di jalan kampung/perumahan yang ramai, agak tersendat maka akan banyak yang mengambil iklan (selebaran), betul gak?

Nah selanjutnya sudah dijalan ramai dan tersendat, lalu kita kasihkkan ke orang yang mengendarai motor keluaran terbaru apakah akan mau beli? Audience ini bisa dipersempit dengan memberikan ke pengendara motor yang motornya sudah tua dan atau jelek, ditambah penampilan yang menarik, kenapa gitu?

untuk biaya, jika kita membagikan iklan (selebaran) di jalan arteri yang kosong, maka akan membutuhkan biaya yang besar, karena harus menunggu orang lewat.
Jika kita memberikan iklan (selebaran) yang ramai tersendat kita gak sempat beli makan/minuman karena sibuk membagikan iklan (selebaran)tersebut.

Nah semakin banyak yang ambil iklan (selebaran) tersebut maka biaya iklan akan semakin murah
Lalu setelah iklan tersebut sampai ke pengendara motor, maka jika pengendara motor tersebut melihat dan menghubungi nomor yang ada maka itu berarti orang tersebut sudah tertarik.
Selanjutnya adalah bagaimana penawaran/pembicaraan agar bisa orang tersebut membli motor barunya

Demikain penjelasan singkat tentang FB ads dari saya yang masih belajar tentang fb ads.

Andriansah – 0812 8755 9959

Leave a Comment