Masalah penulisan Alamat IP

Tidak bisa perbarui ssl

Minggu lalu baru sadar kalau sertifikat https pada website ini sudah tidak berlaku lagi, modul aplikasi, duh apa ya namanya dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar? crontab lah maksud saya, yang seharusnya diperbaharui secara automatis juga tidak jalan, saya coba jalankan secara manual juga tidak berjalan.

Tadinya saya pikir karena masalah di VPS yang saya gunakan ini tepatnya di applet yang saya gunakan di Digitalocean.com, saya lalu merencanakan untuk pindah layanan VPS ini ke vultr.com tapi membayangkan kerepotan yang akan saya alami dan saya masih belum mau repot dulu akhirnya saya tangguhkan perpindahan ini.

Akhirnya saya menanyakan ke teman-teman yang sangat mengerti dengan domain dan jaringan, setelah mendapat masukan hasilnya adalah domain ini tidak mendapatkan alamat nameservernya.

Akhirnya saya tanyakan juga ke penyedia domain saya ini, ternyata dns yang harus saya gunakan adalah cukup 2 saja yaitu

Name Server:NS1.DOMAINCLOUD.ID
Name Server:NS2.DOMAINCLOUD.ID

Tidak perlu sampai 4 Name Server, akhirnya saya ubah dan sudah sesuai dengan panduan yang ditunjukkan, tapi ternyata tetap masalah saya tidak teratasi

Jadi ketika nslookup andriansah.id maka tidak akan mendapatkan alamat ip nya, tapi ketika nslookup www.andriansah.id mendapatkan alamat ipnya.

Akhirnya saya telusuri lagi pada halaman domain tempat, ternyata ada spasi ‘ ‘ pada akhir alamat ip saya yang merupakan suatu hal yang salah.

Setelah menghapus spasi pada akhir alamat ip tersebut, simpan dan menuggu propagasi domain ini, akhirnya permasalahan saya sudah selesai.

Dan sekarang website in sudah mempunyai kembali sertifikat ssl nya 🙂

 

 

Leave a Comment