Bergerak, harus

Semenjak bulan puasa berakhir tahun lalu, gw sadari ternyata pola kerjaan dikantor berubah, semakin banyak duduk, semakin banyak gerak tangan dan tentunya semakin banyak makan. Yang paling terlihat adalah angka-angka pada timbangan yang semakin bertambah menuju angka semula sebelum bulan puasa, padahal perbedaan sebesar 4 kg membawa banyak perubahan dalam diri gw, pertama kalinya setelah sekian lama gak pernah beli celana jadi, gw beli celana jadi dengan no 34 dan pas :). Lalu baju-baju dengan ukuran xl menjadi terlalu besar di badan gw dan lebih pas dengan baju ukuran L saja.

Perasaan gw terhadap kesehatan gw juga lebih baik, gw merasa asam urat gw sepertinya sudah berkurang, walau gw gak test ke laboratorium, tapi efek dari puasa dan berkurangnya berat badan benar-benar bikin badan lebih enak.

Tapi itu semua cerita 5 bulan lalu, secara bertahap semuanya kembali menjadi sebelum bulan puasa, angka pada timbangan sudah kembali menjadi sebelum bulan puasa. Dalam masa 5 bulan tersebut banyak kejadian yang membuat gw berpaling ke makanan untuk membuat gw semakin merasa enak, setiap menghadapi sesuatu pada akhirnya selalu ditutup dengan makanan, malah pernah dalam waktu 2 jam bisa melakukan 2 makan malam dengan porsi yg sama besarnya.

Minggu kemarin gw seperti disadarkan bahwa gw harus berubah, pada waktu sedang bekerja dikursi gw, gw ngerasa bagian dada kanan gw sesak sampai sakit sekali rasanya, gw coba untuk berdiri tapi rasa sakit itu tetap ada. Pelan-pelan rasa sakit itu hilang dan gw ngerasa sudah lebih enak.

Sepertinya gw harus memperbaiki tubuh gw ini, karena tubuh gw udah protes.

Langkah pertama yang gw lakukan adalah membatasi makanan yang masuk, gw gak akan menghitung jumlah kalori secara detil, yg gw lakukan adalah mengurangi porsi nasi, dari yang biasanya 1 porsi, gw kurangin menjadi 1/2 atau 3/4.
Selanjutnya adalah cara gw mengunyah, gw mencoba untuk mengunyah lebih lama, kalo kata papa gw sebaiknya mengunyah 32 kali baru ditelan. Memang lebih halus makanannya tapi terasa lebih lama kenyangnya. Boleh dicoba loh.
Lalu terakhir yang penting adalah badan kita harus diajak bergerak, olahraga kata lainnya :).

Sangat penting badan ini untuk bergerak, karena makanan yg kita akn akan digunakan untuk metobolisme tubuh kita.

Jadi bergeraklah terus untuk sehat.

Leave a Comment