HARi pendiDIKan NASional

2 Mei 1889 adalah hari lahirnya bapak pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara, karena itu sekarang setiap tanggal 2 mei di peringati sebagai hari pendidikan nasional.

Kalo di lihat pendidikan di Indonesia sekarang, dari sisi kurikulum, pendidikan semakin susah, banyak anak2 yang stress harus belajar mati2an agar bisa melewati batas nilai 4,5 (th 2005, CMIIW). Anak di haruskan ikut les matematika, fisika, dll yang sepertinya tidak membuat anak senang, bukankah belajar itu harusnya senang?

Sebagai orang yang pernah belajar SD, SMP, SMA, UNIVERSITAS di Indonesia, yang gw rasakan adalah kita harus menghapal hampir semua pelajaran, bahkan matematika dari menghapal perkalian 1×1 hingga 9×9, tapi apakah bisa diterapkan?

Sepertinya buat gw lebih gampang kalo matematika ini langsung diterapkan dan di pelajari, contohnya, waktu gw kecil SD kalo gak salah, gw di suruh cabutin uban bokap gw dengan bayaran 1 uban Rp. 25, langsung semangat deh. Dan bisa langsung tau berapa nilai 25 helai uban 🙂

Duh jadi ngelantur ke masa lalu nih, tapi tentang pendidikan di indonesia itu harusnya langsung praktek dan menyenangkan, kurangi hapalan. Wah gw belom pengalaman punya anak, tapi kalopun punya gw pengen anak gw belajar dengan menyenangkan, fun, tidak ada stress

selamat hari pendidikan nasional

1 thought on “HARi pendiDIKan NASional

  1. ya, teori itu penting memang
    tapi praktek ga kalah penting.

    tapi di indonesia,
    research belum banyak dilirik…
    dibandingkan praktek.

Leave a Comment