Harta gw…

Pernah mencatat barang 2 apa saja yang mempunyai milik loe sendiri? Gw barusan mencatat barang apa saja yang
gw punya sendiri:

  • komputer
  • dvd player
  • camera digital
  • flashdisk
  • handphone
  • meja komputer
  • card reader
  • sepatu dan teman2
  • rumah, masih kredit sih jadi blom 100%
    punya gw

selain rumah (patungan), barang itulah yang gw beli dari hasil kerja gw kurang lebih 6 tahun, selain itu habis untuk makanan minuman dan barang yang habis dipakai.

Gila yah, jadi aset gw hanya segitu? Dibanding dengan gaji gw di perusahaan tempat gw kerja sekrang, kalo gw saving 1 jt setiap bulan dari gaji maka gw harusnya punya tabungan 36 juta :O, tapi apa faktanya, sekarang di tabungan gw untuk bayar utang kartu kredit saja tidak cukup. Parah banget kan. Untungnya gw punya beberapa (yah bisa gw bilang) tabungan sedikit minimal kalo terjadi sesuatu sama gw.

  1. Asuransi jiwa (eh inibukan tabungan)
  2. Tabungan mapan dari bank niaga, intinya kita di paksa nabung dengan auto
    debet setiap bulan, debetnya baru 250rb sebulan dan sudah berjalan 1,5 tahun
  3. Tabungan mapan lagi dengan debet 100rb sebulan yang baru jalan 1 bulan.
  4. Tabungan terpisah yang gw taro di Bank Syariah walaupun sedikit tapi
    dibandingkan bank konvensional nisbah/bagi hasilnya lebih besar secara riil

Selain diatas ada beberapa tips untuk menjaga dan menambah uang loe yang gw dapet dari sana sini

  1. Bayar tunai/cash, sebisa mungkin loe bayar semua tagihan loe secara tunai, apapun itu makan, beli peralatan elektronik, bayar internet
  2. Alhamdulillah gw hanya punya 1 kartu kredit, sempat kepikiran untuk punya kartu kredit yang lain karena tertarik dengan iming2 undian dan discountnya. Kenapa tidak gw ambil? karena gw berusaha untuk membiasakan no.1
  3. Mulai bikin usaha sendiri, gw mulai dengan jualan vocer yang untung seribu duarebu, tapi
    gw jalanin karena gw gak mau uang gw diem saja tanpa menghasilkan
  4. Mulai mencoba investasi di reksadana, sampai saat ini pertumbuhan riil reksadana gw 0,8% perbulan bersih.

Rencana kedepan gw dan
seterusnya

  1. Meningkatkan tabungan gw dengan menambah jumlah tabungan
  2. Mencari pekerjaan dengan gaji lebih baik
  3. Menyiapkan kemungkinan ada tambahan pengeluaran.

intinya gw pengen cari penghasilan yang lebih besar dari sekarang ini

InsyaAllah bisa tercapai,
Amin…

ps: bagi yang membaca blog ini coba catat milik anda dan
renungkan apa anda termasuk boros ato tidak

3 thoughts on “Harta gw…

  1. wah kalo aku baru punya tempat tidur doang. mana buian depan harus pindah kontrakan lagi :((. untung yang punya kontrakan yang mau kita tempatin bae 😉

Comments are closed.

web site hit counter