kelakuan
Photo of author

Menjaga berat badan setelah ramadan

Sebelumnya saya mengucapkan minal aidin wal faidzin kapada para pembaca website saya ini, selanjutnya saya akan cerita dikit berapa kilogram berat badan saya hilang selama bulan ramadan 1444H ini.

Waktu awal puasa saya dengan kesadaran yang baik melakukan penimbangan berat badan sendiri, dan dapatlah angka 83 Kg, angka yang sudah menemani saya selama bertahun-tahun, lalu saya menjalani puasa ramadan dengan biasa, sahur sambil mata terpejam dengan nasi dan telor mata sapi, lakukan aktivitas seperti biasa dan berbuka puasa dengan biasa-biasa saja, efeknya pada hari terakhir ramadan, berat saya menyentuh angka 77,4 Kg angka idaman saya selama ini.

Setelah berpuasa Ramadan, penting untuk menjaga kesehatan agar tubuh kembali beradaptasi dengan pola makan normal dan tetap bugar. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan setelah puasa Ramadan:

  1. Makan secara bertahap: Hindari makan secara berlebihan setelah berpuasa. Mulailah makan dalam porsi kecil dan secara bertahap. Sebaiknya makan dengan porsi yang lebih kecil namun lebih sering, daripada makan dalam porsi yang besar sekaligus.
  2. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi: Pilih makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, protein nabati, dan protein hewani yang rendah lemak. Hindari makanan yang mengandung banyak gula, lemak jenuh, dan kolesterol tinggi.
  3. Minum air yang cukup: Setelah berpuasa, tubuh akan membutuhkan cairan yang cukup untuk menghidrasi tubuh. Pastikan minum air yang cukup dalam sehari, minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter.
  4. Olahraga secara teratur: Lakukan olahraga secara teratur untuk membantu tubuh kembali fit dan sehat. Mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda, kemudian tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap.
  5. Istirahat yang cukup: Tubuh juga membutuhkan istirahat yang cukup untuk memulihkan diri setelah berpuasa. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap malamnya.
  6. Jangan melupakan sarapan: Sarapan sangat penting untuk memberikan energi yang cukup pada tubuh. Pastikan untuk sarapan dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan setelah berpuasa Ramadan dan tetap bugar serta sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba!

Tujuan saya sambil menunggu ramadan tahun depan adalah tetap menjaga berat badan saya dibawah 80 kg

Yuk, bisa yuk

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.