Negara Maju itu

|

Di facebook saya menulis ini

Negara maju sekali itu banyak mengamalkan ajaran islam. Apa itu?

Tepat waktu
Menghormati dan menghargai pendapat orang lain
Jujur
Tidak korupsi
Bekerja keras
Silaturahmi

Demikianlah kesimpulan khutbah jumat kemarin.

Lalu kepikiran untuk mengelaborasi tulisan saya diatas dalam kaitannya sebagai umat Islam dan tentunya untuk mengisi blog yang jarang diisi ini sebagai bahan update setelah sekian lama terbengkelai.

Saya coba bahas  satu persatu

Tepat Waktu

Anda pernah pergi keluar negeri? jika belum pernah melihat film atau acara tv dimana didalamnya ada bagian tentang perjalanan atau janjian? atau baca buku novel yang biasanya ada bagian dimana nanti janjian ketemu. Ketika merekan sepakat untuk ketemu pada jam dan tempat yang sudah disepakati, maka mereka akan datang pada jam tersebut, dan jika ada yang telat maka mereka akan meminta maaf karena telat.

Dalam Al Quran, waktu mempunyai arti yang sangat penting sehingga mempunyai surat sendiri yang membahas tentang waktu, yaitu Surat Al Ashr, yang artinya

1. Demi massa

2. Sesungguhnya manusia itu benar – banar berada dalam kerugian

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Menurut saya (iya ini adalah tafsir menurut saya) Massa atau waktu adalah hal suatu hal yang tidak bisa diulang kembali walau satu detik, oleh karena itu gunakan waktu itu dengan sebaik-baiknya. Hubungannya dengan tepat waktu? Jika kita tepat waktu maka kita telah mengerjakan amal saleh. Amal saleh ini sangat luas artiannya, tidak hanya tepat waktu tapi pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari dengan tujuan yang baik merupakan amal saleh bagi yang melakukannya.

Oleh karena itu massa atau waktu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, rencanakan waktu yang dimiliki untuk digunakan untuk mengerjakan amal saleh itu. Sudah banyak alat untuk membantu dalam mengatur waktu contohnya yang paling terkenal saat ini adalah dengan menggunakan asana, jika terlalu kompleks coba gunakan calendar yang ada dalam gadget anda.

Masih bingung? coba dipikirkan sendir mengenai tepat waktu dan apa saja yang anda sudah lakukan jika anda berjanji tentang waktu, baik itu waktu kerjaan, ketemuan atau waktu untuk ngeblog 🙂

Sepertinya bahasnya 1 persatu saja yah dalam blog ini, agar blog ini selalu terisi.

waktu

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.