OS untuk laptop

0
23

Saya sedang memikirkan untuk melakukan instalasi Operating System atau sistem operasi untuk laptop saya.
Iya saya akan menerima laptop yang bukan baru (eh semoga saja baru sih) untuk kebutuhan kerja saya.
Kriteria sistem operasi untuk laptop saya adalah

  1. Cepat, eh ini sih relatif dengan spesifikasi dari hardware laptop yang akan saya terima, tapi berangan-angan sedikit boleh dong. Cepat dalam artian tidak akan mengalami kelambatan dalam membuka aplikasi untuk kebutuhan saya. Apakah itu? tentunya yang pertama adalah kebutuhan untuk mengolah surat dan data dalam format spreadsheet
  2. Bebas virus, ini seharusnya no. 1, bebas virus, karena virus komputer berdasarkan pengalaman saya bisa menghabiskan waktu saya seharian dalam menghapus virus-virus tersebut, sangat tidak enak bekerja eh tidak bekerja dan hanya mencoba untuk menghapus virus seharian.
  3. Semua aplikasi yang saya butuhkan sudah ada. Maksudnya adalah begitu saya menerima laptop maka saya bisa menggunakannya untuk langsung bekerja. Tapiiii biasanya yang saya lakukan setelah menerima laptop adalah melakukan format ulang dan instalasi ulang semua aplikasi yang saya butuhkan. Kenapa? saya tidak suka saja dan saya tidak percaya dengan aplikasi yang sudah diinstal ketika saya menerimanya. Kenapa? yah karena saya tidak suka dan tidak percaya saja.
  4. Aman. Iya Sistem operasi yang saya gunakan harus aman dari virus, seperti nomor 2. Melakukan instalasi anti virus malah membuat pekerjaan saya jadi terhambat, karena proses pencarian virus yang  sangat lama, biasanya bisa mencapai waktu ber jam-jam dan tentunya membuat saya tidak bisa bekerja lagi.
  5. Mudah update. Jika terdapat update terbaru untuk sistem operasi yang saya miliki maka saya ingin bisa melakukan update dengan mudah dan cepat. Kenapa? karena update yang sangat penting seperti update keamanan dari sistem operasi merupakan hal yang sangat penting, cepat? saya ingin segera setelah ada informasi update maka saya bisa mendapatkannya.

Pertanyann 1 milyardnya adalah

Adakah Sistem Operasi seperti itu?

Jreng, jreng

 

 

Ada!

Sistem operasi itu adalah Linux dan semua distribusi yang berbasis Linux. Yang paling saya gunakan adalah Ubuntu dan Debian, masing-masing saya gunakan sebagai server dan desktop. Distribusi Linux Ubuntu sekarang saya gunakan hanya untuk server, sedangkan Debian untuk server dan Desktop

Coba tolong jelaskan

  1. Cepat, dengan instalasi minimal dan desktop manager mate, maka Linux dengan Debian terasa sangat cepat di laptop core 2 duo. (ingat yah ini bukan laptop yang akan saya terima, ini di laptop lama saya)
  2. Bebas virus? tentu saja. Tidak 100% bebas virus, tapi virus untuk linux lebih susah berkembang karena sifatnya yang terbuka (open source). Banyak orang yang turut serta dalam mengembangkan dan menjaga  distribusi linux.
  3. Nah ini yang paling keren, setelah melakukan instalasi untuk desktop, maka kita bisa langsung bekerja, menggunakan aplikasi perkantoran seperti libreoffice sudah lebih dari cukup, karena sudah ada spreadsheet, word processor dan pengolah presentasi
  4. Aman, Tidak mudah terkena virus dan malware yang beredar pada dunia internet.
  5. Mudah update? karena update yang disediakan berada pada lokasi terdekat dengan koneksi internet kita, bahasa kerennya, mirror untuk update Linux berada dalam jaringan internet indonesia, ada di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan.
debian_jessie_mate_03
Tampilan Desktop Mate pada Debian Jessie
Ubuntu-Vivid-Vervet_3
Tampilan Standard Ubuntu

 

Coba klik 2 tampilan diatas, keren gak? buat saya itu keren sekali dan sangat mudah digunakan.

Mau mencoba tanpa perlu melakukan instalasi di laptop atau pc? coba download versi live dari ubuntu dan debian live dan install ke Flash disk anda. Selanjutnya nyalakan laptop anda, pada waktu menyala tekan tombol Esc atau F2, atau F12. Lalu pilih boot melalui Flash disk anda

Bisa mencoba seperti video ini

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here