Tabungan yang baik

Tahun 2006 adalah tahun pengeluaran terbesar buat gw setelah gw berhasil mendapatkan utang yang harus gw lunasin dalam jangka waktu 10 tahun ada juga beberapa pengeluaran yang tak terduga.

Tapi semua itu tidak membuat gw lupa bahwa gw harus mempunyai tabungan yang cukup, apalagi dengan bakal hadirnya buah hati kita tahun ini dan tentunya tidak akan selesai dengan itu saja.

Untuk itu gw mulai mempersiapkan dana yang disisihkan dari gaji yang gw terima dan pendapatan lain (emang ada? ). Bagaimana menyisihkan tabungan gw?

  1. Buka rekening yang dananya berasal dari gaji kita, contohnya di bank Niaga, gw punya yang namanya tabungan mapan dana yang dananya berasal dari gaji gw yang memang masuk kesana.
  2. Cari bank yang mempunyai bunga yang tinggi. Well pengalaman gw bank syariah memberikan bagi hasil yang lebih bagus dari bank konvensional. Jadi silahkan pindahkan tabungan anda ke bank syariah
  3. Jika anda punya uang sisa kembalian dari pembelian anda, masukkan kedalam celengan, iya celengan atau kotak penyimpanan yang sangat jarang anda buka. Ketika anda butuh dan membukan kotak penyimpanan aka celengan maka anda akan sangat bersyukur


Selain 3 point diatas tentunya adalah bagaimana menghentikan nafsu belanja anda, ya sebagai seorang cowok pun saya suka berbelanja barang-barang yang kalau dipikir2 kemudian hari tidak ada gunanya, contohnya majalah (yang sebenarnya bisa dibaca-baca lewat internet), gadget, dan tentunya makanan :). Caranya

  1. Tahan nafsu belanja anda dan pikirkan 5 kali lagi apakah anda memang butuh untuk membeli barang tersebut.
  2. Jangan bawa uang terlalu banyak, cukup bawa uang untuk kebutuhan hari itu
  3. Jika punya kartu kredit lebih dari 1, tutup dan guntung semua kartu kredit tersebut dan lunasin kartu kredit anda.
  4. Gunakan kartu kredit dengan bungan belanja paling kecil dan limit yang mampu membayar minimumnya. Jadi Jika anda hanya mampu membayar 1 juta perbulan maka limit kartu kredit anda adalah 10 juta maksimum (teori gw sendiri nih)

Well segini dulu deh, nanti akan saya lanjutkan dengan investasi

4 thoughts on “Tabungan yang baik

  1. Nah ini dia! nabung! dan bayar kartu kredit..duh rasanya never ending story. Dan kalo dipikir-pikir pengeluran saya terbesar kok buat makanan ya?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

web site hit counter