Lebih enak hamil di Indonesia dari pada di negri orang

Baru dari dokter kebidanan, alhamdulillah bayi kita sehat, dan pipinya montog kaya gw 🙂

Lalu dokter gw cerita, dia abis ikutan seminar di hongkong, disana ada praktik kebidanan, cek beberapa pasien dengan USG biasa dan USG 4 Dimensi. Hasilnya dokter2 dari Indonesia lebih jago dalam menggunakan USG 4 dimensi dibandingkan dokter2 dari negara lain. Waktu ditanya kenapa bisa jago pake usg 4 dimensi, di jawab ama dokter gw, emang biasanya pake usg 4 dimensi, dan dokter lainnya bengong2, karena ternyata yang bisa pake usg 4 dimensi hanya kepala rumah sakitnya sedangkan dokter obgin biasa pake usg biasa. Oh ya untuk bisa usg 4 dimensi harus booking 2 bulan sebelumnya (bisa2 keburu lahir deh bayinya).

Untungnya di Indonesia untuk usg 4 dimensi bisa go show ajah 🙂

Di Jepang, masih kata dokter gw, hampir tidak ada dokter yang mau konsultasi dengan pasiennya, karena katanya no time :), jadi semua keluhan yang dialami oleh pasien di catat oleh perawatnya dulu dan nanti dokter tinggal menuliskan resepnya.
Oh ya dan yang paling gw bingung, ternyata selama kehamilan hanya boleh periksa 2 kali ke dokter obgin, malah katanya hanya 1 kali (tergantung asuransinya, karena yang bayar kan pihak asuransi)
Oh ya lagi kalo di jepang yang melakukan usg bukan dokternya tapi ahli khusus, seperti orang yang melakukan sinar X.

Oh om husni n mbah dukun tolong di klarifikasi 🙂

Ternyata gw masih bilang beruntung di banding para pasien2 dinegara lain, terutama dalam masalah kehamilan, karena kalau di Indonesia kita bisa cari 2nd opinion jika kita gak puas dengan dokter yang sekarang, tapi di luar negri wah gak mungkin bisa kayaknya, kalaupun bisa pasti ongkosnya mahal 🙂

Di Indonesia kita bisa minta USG 4dimensi pada saat itu juga, kapan saja kita mau, tanpa harus menunggu sampai 2 bulan. Lalu saat kita di periksa usg, yang dilakukan oleh dokter kita, kita bisa konsultasi tanya ini itu, tanya perkembangan janin, apakah jantungnnya normal, apakah tali pusar melilit leher atau tidak, dan tentunya kita bisa minta liatin jenis kelamin bayi kita apa 🙂

Lalu jika kita gak puas dengan dokter yang sekarang, kita bisa pindah ke dokter lain 🙂

Jadi bagi yang pengen hamil, lebih enak hamil di negri sendiri daripada di negri orang, belum tentu kita bisa menikmati teknologi yang canggih 🙂

10 thoughts on “Lebih enak hamil di Indonesia dari pada di negri orang

  1. salam kenal, maaf ikutan berkomentar. Kayaknya kalo banyak uang lebih enak hamil di Indonesia, bisa pake RS yang fasilitasnya kayak hotel. Kalo gak punya uang, enakan hamil di Jepang dan pake asuransi. Biaya periksa lebih murah dari paket makan siang di McD. Tapi itu pengalaman saya aja lho..orang lain mungkin lain lagi. Kebetulan dokter saya juga baik, komunikafif, hati2 dan obgyn wanita…lumayan cocok kok. Saya cuma pengin semua orang Indonesia bisa menikmati pelayanan kesehatan…walopun cukup yang standar, asal semua orang bisa dilayani..termasuk orang yang sangat miskin sekalipun.

  2. ada temen di Jepang yang cerita ttg pengalamannya hamil di sana. kayaknya kok dipeduliin bgt ya. katanya sih krn tingkat pertumbuhan penduduk di Jepang makin lambat, jadi setiap kehamilan, setiap anak, diperhatiin bgt. kalo ga bisa2 Jepang jadi bangsa yg ‘tua’, ga punya banyak generasi muda.

    tapi soal keahlian dokter Indonesia, bener banget. ya pastilah ada dokter yang ‘pas2an’ atau ga komunikatif, atau cari untungnya sendiri. tapi yang jago juga jago banget.

    dan yang jelas, yang ga enaknya ke dokter di Indonesia adalah bayarnya :D. di Bandung sih mending ya, blom sampe 100 ribu tuh gw minggu lalu. padahal itu DSOG lumayan senior, orangnya baik pulak. tp klo di Jakarta, haduuuuh… bikin bangkrut.

  3. masak sih mas?

    di tabloid dan majalah yang saya baca, kalo di LN, lebih diperhatikan karena angka kehamilan yang jarang sehingga pasien sedikit. so, lebih aware mereka daripada di indonesia ?

    *berpikir keras*

  4. berdasarkan pengalam si budeku yg ngelahirin disini.. emang lebih enak di indo.. pengalaman budeku kemaren.. mmm… baru ngelahirin bsoknya udah disuruh pulang.. :S

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

web site hit counter