Tips berkendara saat hujan, perhatikan no 6

|

Musim hujan telah tiba, apakah anda sudah mengetahui bagaimana tips berkendara saat hujan? Bagi para pengendara mobil tentu saja ketika musim hujan atau dalam kondisi hujan mereka akan mengalami kesulitan. Ini karena jalanan akan lebih lucu dan dapat membahayakan bila tidak berhati – hati.

Namun tentu saja tidak semua pengendara mengetahui cara berkendara yang baik dan benar pada saat sedang terjadi hujan, karena itulah kami telah merangkum beberapa tips mengendarai mobil saat hujan atau musim hujan.

TIPS berkendara saat hujan

1. Melajulah pada jalur tengah.
Tips pertama adalah melaju di jalur tengah, seperti yang kita tahu bahwa ketika hujan maka air akan menggenang disisi jalan. Hal ini mungkin terjadi karena saluran air atau gorong-gorong mengalami masalah penyumbatan, karena hal inilah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan akibat genangan air tersebut maka sangat direkomendasikan untuk mengambil jalur tengah ketika berkendara pada saat hujan.

tips berkendara saat hujan

2. Jaga jarak antara kendaraan Anda dengan kendaraan orang lain.
Pada saat hujan, keadaan jalan dan jarak pandang tentu saja tidak stabil. Dan karena hal inilah mungkin saja terjadi senggolan antar kendaraan. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda menjaga jarak antara mobil yang sedang dikendarai dengan mobil atau kendaraan di sekitar. Dengan ini walaupun terjadi masalah terhadap kendaraan orang lain maka Anda masih memiliki kesempatan untuk menghindar atau berhenti.

3. Menyalakan lampu utama mobil Anda.
Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, ketika hujan maka kondisi jalan dan jarak pandang sangat terbatas. Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka diharuskan untuk menyalakan lampu utama pada mobil. Dengan menyalakan lampu utama pada mobil Anda maka akan menambah dan lebih memperjelas jarak pandang terhadap jalanan, walaupun pada siang hari namun diwajibkan untuk menyalakan lampu utama mobil.

Hal ini juga telah diatur dalam undang-undang lalu lintas, bahkan bila Anda tidak menghiraukan hal ini maka dapat dikenakan sanksi berupa tilang jika terkena operasi. Jadi Anda diwajibkan untuk menyalakan lampu mobil baik pada siang maupun malam hari.

4. Jangan mengebut.
Mengebut sangat tidak disarankan, walaupun itu dengan alasan buru-buru. Terlebih lagi pada musim penghujan atau kondisi hujan, kondisi jalanan tentu saja akan licin dan bila Anda mengebut maka mungkin saja mobil yang Anda sedang kendarai dapat tergelincir. Tabrakan antar kendaraan juga mungkin dapat terjadi, bila tidak ingin mengalami hal ini maka ada baiknya selalu berhati – hati dalam berkendara. Walaupun dalam kondisi tidak hujan, sangat dihimbau agar mengutamakan keselamatan.

5. Mengecek kondisi rem mobil.
Rem merupakan komponen yang sangat penting berada pada kendaraan, dan lakukanlah tahap pengecekan pada rem mobil Anda secara berkala. Utamanya adalah pada saat kondisi hujan, peranan rem sangat penting. Seperti yang sudah Anda ketahui, pada saat hujan jarak pandang terbatas dan mungkin saja Anda akan mengerem mendadak. Kondisi rem harus diperhatikan, bila mengalami masalah maka segeralah memperbaikinya di bengkel resmi.

6. Jangan menggunakan cruise control pada saat hujan.
cruise control atau pengontrol kecepatan merupakan komponen terbaru yang memungkinkan mobil untuk menambah kecepatan atau memperlambatnya secara otomatis, tentu saja pengendara tidak menguasai kendaraan secara penuh. Sangat kami sarankan pada saat hujan sebaiknya Anda tidak menggunakan komponen ini, ini dilakukan agar mobil tidak mengalami masalah karena diluar kendali.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.